Theming dalam Framework Yii – Part 2

Jika kawan-kawan belum membaca part 1, baca terlebih dahulu di sini, karena file-file pendukung bisa di download di artikel tersebut.

Dari awal tulisan telah saya sediakan tema whitewall yang berisi kode HTML, CSS dan Javascript yang telah terembed dengan baik. Dalam tutorial bagian ketiga ini akan diperlihatkan bagaimana menggunakan tema tersebut ke dalam aplikasi Yii.

Oke, supaya mudah memasukkan tema ini ke dalam Yii, perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana tema tersebut mengatur layout. Tidak perlu mendetail, yang penting di bagian mana dari tema HTML tersebut meletakkan elemen header, konten, sidebar dan footer. Setelah dianatomi, nantinya tema dipecah-pecah berdasarkan elemen tersebut dan tinggal disesuaikan dengan penggunaan layout di Yii. Misalkan di dalam tema whitewall, ambil satu halaman saja yaitu file index.html. Pecah-pecahlah isi html tersebut sehingga menjadi seperti dalam file hasil yang bisa didownload.

Beberapa poin penting dalam templating

  1. Memecah konten HTML ke dalam file main.php dan column1.php (Dalam contoh ini saya hanya mengkustom file column1.php). Perhatikan di dalam 2 file ini bagaimana konten HTML dipecah. Ingat, untuk konten utamanya jangan letakkan di sini, tetapi dalam file view. Supaya lebih mudah konten saya letakkan dalam file root/themes/whitewall/views/site/index.php.
  2. Mengubah seluruh link gambar, css, javascript dan file-file pendukung menggunakan link awalan Yii::app()->theme->baseUrl;
  3. Jika dalam template menyediakan file jquery, lebih baik link referensinya dihapus saja, ganti dengan jquery bawaan yii seperti kode di dalam root/themes/whitewall/views/site/index.php.
  4. Untuk trigger jquery seperti document ready juga lebih baik diletakkan dalam file view saja, karena kemungkinan tiap halaman memiliki script loader yang berbeda. Contoh bisa dilihat juga di root/themes/whitewall/views/site/index.php. Namun, jika script digunakan di seluruh konten web, letakkan saja di dalam root/themes/whitewall/views/layouts/main.php.

Hasil templating dalam artikel ini bisa didownload di sini. Oke, jika masih ada yang belum paham bisa komen di bawah. Happy coding :)

farid

Selamat datang dan salam kenal. Penulis merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta jurusan Komputasi Statistik. Menekuni pemrograman web khususnya PHP dengan Yii Framework. Penggemar musik instrumen dan film Doraemon. Berasal dari Kota Lumpia Semarang dan pernah bertugas menjadi Staf Produksi dan IPDS di BPS Kabupaten Melawi. Sejak tahun 2016, mulai bertugas sebagai Staf Pengolahan Data di BPS Provinsi Kalimantan Barat

You may also like...

  • Deva Khrisna

    Makasih Mas Tuturialnya..