Membuat Pentaho Dashboard dengan CDF dan Fusion Chart

Fiuuh.. sudah hampir setengah tahun tidak bersentuhan dengan Pentaho, khususnya Pentaho CDF (Community Dashboard Framework). Di dalam tulisan tentang Pentaho pertama saya ini, yang akan saya singgung adalah pemakaian pentaho CDF khususnya cara pengintegrasian Fusion Chart. Selain kaya akan jenis dan tipe-tipe grafik, fusion chart juga memiliki tampilan yang menarik dan banyak hal yang bisa dimodifikasi sesuai parameter yang disediakan (Lebih-lebih yang berlisensi :P).

Oke, jika kawan-kawan sudah mendownload Pentaho bi-server, proses pengintegrasiannya tinggal mendownload plugin khusus fusion chart yang bisa didapatkan di sini. Download fusion samples dan fusion plugins versi terbaru.

Setelah bahan dan komposisi siap, silahkan ikuti langkah berikutnya. Yang pertama adalah memasukkan fusion plugin ke dalam system Pentaho. Extract fusion plugin zip ke dalam folder pentaho-solutions/system. Kedua, extract fusion samples zip ke dalam folder pentaho-solutions/bi-developers.

Ketiga, yaitu edit file pentaho-solutions/system/pentaho.xml. Tambahkan xfusion di dalam tag <acl-files>...,xfusion</acl-files>. Kemudian, akses fusion sample dari Pentaho User Console. Jika berhasil seharusnya akan tampil contoh dashboard seperti berikut ini.

Dashboard di atas merupakan fusion plugin menggunakan fusion chart versi gratis. Jika kawan-kawan ingin menggunakannya lebih advance dengan grafik yang lebih interaktif seperti screenshot project saya di bawah ini, tetep pantengin blog ini yak.

farid

Selamat datang dan salam kenal. Penulis merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta jurusan Komputasi Statistik. Menekuni pemrograman web khususnya PHP dengan Yii Framework. Penggemar musik instrumen dan film Doraemon. Berasal dari Kota Lumpia Semarang dan pernah bertugas menjadi Staf Produksi dan IPDS di BPS Kabupaten Melawi. Sejak tahun 2016, mulai bertugas sebagai Staf Pengolahan Data di BPS Provinsi Kalimantan Barat