Membuat Background Musik Website Menggunakan Flash

Website yang sedang Anda buka ini menggunakan background musik dengan memanfaatkan MP3 Player berbasis flash yang bisa dipakai secara gratis. Sekedar untuk berbagi pengalaman saja, jika Anda ingin memberi background musik menggunakan lagu sendiri, cara berikut ini bisa Anda terapkan.

Pertama, siapkan terlebih ruang dalam halaman web Anda. Dalam website ini, ruang tersebut saya letakkan di menu kanan paling bawah. Jika Flash Player sudah terinstal, akan terlihat mp3 controller kecil. Ada menu-menu standar seperti start, stop dan pause. Oke, kemudian upload file mp3 di dalam direktori server Anda. Sekadar menyarankan, usahakan file mp3 sudah dikompress sedemikian rupa sehingga ukuran menjadi kecil. Dengan mengkompres, file mp3 dapat di-load oleh mp3 player lebih cepat. Gunakan bitrate yang tidak terlalu besar. Bahkan, dalam mp3 yang ada dalam web ini hanya menggunakan mp3 dg bitrate 16kbps. Selain itu, waktunya pun saya potong hanya 2 menit saja.

Langkah berikutnya kita memanfaatkan MP3 player berbasis flash yang bisa digunakan secara online. Alamat webnya http://flash-mp3-player.net/players/. Pilih jenis player yang Anda inginkan. Kemudian pilih menu generator. Masukkan setingan yang Anda inginkan seperti looping, autostart, warna, lebar, dsb. Hasil yang Anda peroleh adalah html code yang tinggal dicopy-kan ke ruang html web yang sudah disiapkan sebelumnya.

mp3 player flash

Jangan lupa masukkan parameter file mp3 langsung direct ke mp3 yang telah Anda upload di direktori server.

farid

Selamat datang dan salam kenal. Penulis merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta jurusan Komputasi Statistik. Menekuni pemrograman web khususnya PHP dengan Yii Framework. Penggemar musik instrumen dan film Doraemon. Berasal dari Kota Lumpia Semarang dan pernah bertugas menjadi Staf Produksi dan IPDS di BPS Kabupaten Melawi. Sejak tahun 2016, mulai bertugas sebagai Staf Pengolahan Data di BPS Provinsi Kalimantan Barat

You may also like...