Fungsi Auto Reply Resmi dari NowSMS

Hehe, sepertinya sedikit aneh jika saya tuliskan resmi. Tapi, maksudnya fungsi auto reply yang akan saya bagi ini saya dapatkan dari web resmi mereka. Sebenarnya fungsi ini sudah saya letakkan dalam artikel Contoh. Namun, supaya lebih menjurus ke poin permasalahan, artikel tentang auto reply saya letakkan terpisah.

Mungkin bagi pengguna NowSMS ada yang menggunakan fungsi header() dalam PHP untuk melakukan auto reply SMS. Namun, jika kita menggunakan fungsi tersebut, selain harus mengkonversi string dengan mengganti karakter spasi menjadi “+” juga fungsi tersebut tidak bisa mengirim ke banyak SMS dalam 1 proses. Setelah “nyasak” ke sana kemari ditemani mbah Google, saya memperoleh fungsi autoreply yang ternyata sudah disediakan oleh NowSMS. Anda tinggal menambah fungsi ini bersama dengan fungsi-fungsi PHP yang lain. Parameter yang digunakan hanya nomor penerima dan isi SMS. Dan pastinya kita tidak perlu mengkonversi SMS itu dulu, hehe. Nih, fungsinya:

function kirim ($phoneNoRecip, $msgText) {
	$host = "127.0.0.1";
	$port = "8800";
	$username = "root";
	$password = "";

	$fp = fsockopen($host, $port, $errno, $errstr);
	if (!$fp) {
		echo "errno: $errno \n";
		echo "errstr: $errstr\n";
		return $result;
	}

	fwrite($fp, "GET /?Phone=" . rawurlencode($phoneNoRecip) . "&Text=" . rawurlencode($msgText) . " HTTP/1.0\n");
	if ($username != "") {
		$auth = $username . ":" . $password;
		$auth = base64_encode($auth);
		fwrite($fp, "Authorization: Basic " . $auth . "\n");
	}
	fwrite($fp, "\n");

	$res = "";

	while(!feof($fp)) {
		$res .= fread($fp,1);
	}
	fclose($fp);
	return $res;
}

Isikan parameter server apache Anda di dalam variabel $host, $port, $username, $password.

farid

Selamat datang dan salam kenal. Penulis merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta jurusan Komputasi Statistik. Menekuni pemrograman web khususnya PHP dengan Yii Framework. Penggemar musik instrumen dan film Doraemon. Berasal dari Kota Lumpia Semarang dan pernah bertugas menjadi Staf Produksi dan IPDS di BPS Kabupaten Melawi. Sejak tahun 2016, mulai bertugas sebagai Staf Pengolahan Data di BPS Provinsi Kalimantan Barat

You may also like...