Cara Switch GPRS ke HSDPA atau Kodok Loncat dengan Modem Sierra 306

Artikel kali ini sebenarnya untuk memperjelas artikel tentang menangkap sinyal GPRS dengan modem Sierra AC 306. Dalam artikel tersebut hanya dijelaskan bagaimana menggunakan software MWConn untuk keperluan tersebut dan masih tetap memanfaatkan Watcher bawaan Sierra. Namun, biasanya bagi yang suka memanfaatkan internet gratis dengan trik-trik tertentu sering menambahkan trik yang disebut kodok loncat. Maksudnya, koneksi pertama dilakukan dengan menggunakan sinyal GPRS, kemudian switch ke 3G/HSDPA setelah koneksi pertama berhasil.

Bagi yang memiliki modem seperti Sierra Compass 885 atau jenis lainnya yang memang mendukung pilihan jenis jaringan dari GPRS hingga HSDPA tentu tidak mendapatkan masalah. Permasalahan timbul jika modem yang digunakan tidak memiliki pilihan jaringan tertentu atau bahkan hanya bisa menangkap sinyal 3G ke atas seperti modem Sierra AC 306 ini. Pada awalnya saya memang tidak terlalu mempermasalahkannya. Namun, setelah melihat perbedaan kecepatan download dengan trik biasa dibandingkan dengan menambah trik kodok, saya mulai berpikir ulang. Bagi pembaca yang memiliki permasalahan serupa, semoga artikel ini bisa membantu.

1. Install software MWConn di komputer Anda.

Download MWConn

2. Jika Anda menggunakan modem sierra, khususnya AC 306, atur terlebih dahulu supaya ketika kita menutup watcher bawaannya, koneksi modem masih menyala. Ini perlu dilakukan karena nanti tidak usah menggunakan watcher bawaan sierra lagi untuk melakukan koneksi. Di dalam menu general, atur seperti berikut

Tutorial MWConn

Klik OK, kemudian watcher di-close saja.

3. Buka CONFIG.exe dari Menu Start-MWConn-Config.exe. Buka tab Network dan isikan APN sesuai APN yang mau kita gunakan. Klik OK.

Tutorial MWConn

4. Tahap ini, kita memulai koneksi. Karena untuk kodok loncat kita harus menggunakan koneksi GPRS dulu, buka menu GPRS.exe dari Start-MWConn-GPRS.exe. Akan muncul tray icon di sebelah kanan bawah layar. Tunggu hingga status icon terkoneksi seperti gambar di bawah:

Tutorial MWConn

5. Setelah koneksi berhasil, kita loncat dengan cara klik kanan tray icon tersebut kemudian pilih UMTS only. Tunggu hingga status terkoneksi lagi.

Tutorial MWConn

Selamat, Anda berhasil melakukan loncat kodok.

farid

Selamat datang dan salam kenal. Penulis merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta jurusan Komputasi Statistik. Menekuni pemrograman web khususnya PHP dengan Yii Framework. Penggemar musik instrumen dan film Doraemon. Berasal dari Kota Lumpia Semarang dan pernah bertugas menjadi Staf Produksi dan IPDS di BPS Kabupaten Melawi. Sejak tahun 2016, mulai bertugas sebagai Staf Pengolahan Data di BPS Provinsi Kalimantan Barat

You may also like...