Cara Mendapat Sinyal GPRS dari Modem Sierra AC 306

Modem sierra Air Card 306 memang sedikit unik. Dari bentuknya sendiri, modem ini tertulis angka 21 yang artinya kecepatan internet up to 21 MBps. Namun, dengan dukungan tersebut bukan berarti modem ini dapat mengakses internet dengan kecepatan tinggi, terutama di wilayah Indonesia.

Support tersebut sebenarnya tidak berlaku di Indonesia untuk saat-saat ini. Saya sendiri sebenarnya membeli modem ini dengan sangat terpaksa karena seri compass 885 sudah mengalami discontinued. Dan saya tidak silau dengan tulisan 21 MBps tersebut, hehe. Ternyata masalah modem tersebut terlihat ketika kita gunakan di daerah yang tidak support 3G. Modem itu ga bisa menangkap sinyal di bawah 3G. Walhasil, mungkin bagi sebagian orang akan sangat kecewa ketika mengetahui kenyataan tersebut. Bagi saya yang sedang tinggal di jakarta dan kadang2 pulang kampung ke semarang, kekurangan ini tidak terlalu terasa. Namun, bagi Anda yang ada di daerah terpencil, akan sangat menyiksa. Udah dibeli mahal-mahal ternyata ga bisa kepake. Capek deh..

Eit, jangan langsung dibanting tuh modem. Usut punya usut, setelah ngikutin permasalahan ini di forum terbesar Indonesia (Kaskus), mulai muncul titik terang. Anda hanya butuh software kecil untuk mengutak-atik jaringan tersebut. Nama software-nya MWconn. SIlahkan download link di bawah ini.

Download MWconn

Install terlebih dahulu di komputer Anda. Oiya, jika menggunakan linux, download yang ixconn, jangan MWconn. Oke, dalam artikel ini saya akan demokan menggunakan windows, karena saya tidak install linux. Setelah terinstall, buka CONFIG.EXE dari start menu-MWconn. Akan muncul jendela berikut ini:

MWconn

Kemudian, langsung saja pindah ke tab ‘network’ seperti gambar di bawah. Dan centang saja checkbox GPRS dan UMTS. Setelah itu, klik tombol start.

MWconn

Tunggu beberapa menit, nanti warna lampu modem akan kelap kelip merah dan biru. Setelah pencarian sinyal selesai, pastikan setingan network modem sierra menggunakan pilihan automatic.

watcher sierra

Anda akan melihat sinyal GPRS/EDGE dari Watcher Anda. Connect saja dan selamat menikmati..

farid

Selamat datang dan salam kenal. Penulis merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta jurusan Komputasi Statistik. Menekuni pemrograman web khususnya PHP dengan Yii Framework. Penggemar musik instrumen dan film Doraemon. Berasal dari Kota Lumpia Semarang dan pernah bertugas menjadi Staf Produksi dan IPDS di BPS Kabupaten Melawi. Sejak tahun 2016, mulai bertugas sebagai Staf Pengolahan Data di BPS Provinsi Kalimantan Barat

You may also like...