Analisis Sinema Korea

Setelah menonton beberapa sinema korea, baik drama atau movie, berikut analisis pribadi penulis mengapa banyak orang (terutama remaja) pada seneng nonton film jenis ini. Sebaian besar memang bertema cinta. Tapi, justru di sinilah daya tarik sinema korea. Banyak anak-anak muda (especially for girls) tergila-gila dengan film korea. Oke, langsung aja…

  1. Tema Cinta. Siapa sih yang ga kenal ma tema satu ini. Korea identik dengan film romance dengan bumbu-bumbu rumit yang suka mengaduk-aduk emosi penonton. Berbeda dengan film tema cinta dari India. Fim-film Bollywood memang selalu bertema cinta, tetapi hampir selalu menggunakan bumbu-bumbu atau racikan yang hampir monoton. Dari sinilah kekuatan sinema korea, tema percintaan yang kuat membuat penonton seolah-olah merasakan emosi pemerannya.
  2. Aktor/Aktris yang Gokil (Good Looking). Untuk alasan satu ini, penulis tak banyak bicara. Tema cinta yang menarik dibarengi dengan penampilan yang sedap memang salah satu kunci utama sinema Korea.
  3. Akting yang menjiwai. Ya, di sinilah peran yang mampu mengaduk-aduk emosi penonton. Akting yang benar-benar dijiwai oleh pemerannya menjadi nilai tambah. Walau kadang2 terlalu banyak adegan menangis, tetapi para pemain dapat memerankannya dengan apik.
  4. OST (Original Sound Track). Denting piano, instrumen atau lagu yang menjadi ciri khas suatu sinema Korea memang selalu disertakan. Instrumen yang cocok dengan latar emosi yang dirasakan pemeran mampu dipadukan dengan baik. Penulis sendiri suka mengoleksi OST sinema korea. Banyak di antaranya memang enak didengar. Apalagi instrumen pianonya..

Oke, sekian dulu.. Mungkin lain kali disambung dengan tema yang laen..

farid

Selamat datang dan salam kenal. Penulis merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta jurusan Komputasi Statistik. Menekuni pemrograman web khususnya PHP dengan Yii Framework. Penggemar musik instrumen dan film Doraemon. Berasal dari Kota Lumpia Semarang dan pernah bertugas menjadi Staf Produksi dan IPDS di BPS Kabupaten Melawi. Sejak tahun 2016, mulai bertugas sebagai Staf Pengolahan Data di BPS Provinsi Kalimantan Barat

You may also like...