Akhirnya Proposal Skripsiku Diterima

Hari ini cukup melelahkan. Menunggu di depan ruang jurusan dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang memang menjemukan. Antrian sudah panjang. Mau tidak mau terpaksa mengambil tempat agak belakang. Kok jadi puitis ya? Sudahlah, lupakan saja. Hari ini Senin, tanggal 13 Desember 2010 aku menyerahkan proposal skripsi yang kedua kalinya. Sebelumnya proposal yang kubuat telah ditolak karena masih sangat abstrak dalam penyampaian topik yang ingin kuberikan.

Tidak hanya aku, masih banyak kawan-kawan yang lain berusaha membuat proposal sebaik mungkin supaya lekas di ACC dan dapat segera dimulai pembuatannya.Mungkin aku sedikit beruntung karena telah cukup mengenal dosen penguji proposal tersebut. Malahan topik yang kuajukan kali ini memang dari ide beliau. Namun, di dalam proses pengerjaannya memang dosen tersebut tidak pilah-pilih. Profesionalitas tetap dibutuhkan. Proposal yang kuajukan harus baik dan dapat memenuhi standar proposal yang diberikan. Penyampaian harus jelas dan tepat. Itulah sebabnya topik yang pertama kali kuajukan ditolak karena ada kawan yang memiliki topik serupa tetapi dapat menyampaikan dalam proposal secara lebih konkret dan mengena.

Topik yang kuajukan kali ini mengenai Business Intelligence menggunakan data warehouse (ide dari pak dosen). Sebelumnya sempat kuatir apakah aku bisa mengerjakan atau tidak. Namun, keingintahuanku tentang topik ini semakin besar karena dari literatur yang kubaca, business intelligence memiliki manfaat yang luar biasa. Tujuankupun berubah, bukan nilai saja yang hendak kuinginkan tetapi juga pengetahuan dalam membuat sistem data warehouse yang kelak akan banyak manfaatnya. Aku berpikir bukan hanya instansi yang kutempati saja yang akan menggunakan tetapi lebih jauh lagi perusahaan atau organisasi yang besar juga dapat mengambil manfaat jika diterapkan business intelligence di dalam perusahaan atau organisasinya.

Akhirnya tepat jam 2.15 giliranku masuk menghadap dosen penguji proposal. Beberapa pertanyaan yang beliau ajukan alhamdulillah dapat kujawab dengan baik. Memang dalam penulisan tujuan masih ada sedikit kesalahan. Tetapi secara umum, beliau menerima propsal yang kuajukan dan mempersilahkan saya untuk memulai bekerja.Alhamdulillah, satu langkah telah kulewati. Memang benar, di depan sana masih banyak yang harus kulakukan. Effort yang efektif demi mencapai tujuan memang harus segera diatur. Data Warehouse merupakan hal yang baru bagiku. Harus lebih banyak membaca literatur dan mampu memahami isinya dengan baik. Mulai sekarang saya akan memulainya. Bismillahirrohmanirrohim..

farid

Selamat datang dan salam kenal. Penulis merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta jurusan Komputasi Statistik. Menekuni pemrograman web khususnya PHP dengan Yii Framework. Penggemar musik instrumen dan film Doraemon. Berasal dari Kota Lumpia Semarang dan pernah bertugas menjadi Staf Produksi dan IPDS di BPS Kabupaten Melawi. Sejak tahun 2016, mulai bertugas sebagai Staf Pengolahan Data di BPS Provinsi Kalimantan Barat

You may also like...